-->

Pengertian Seni dan Cabang Seni

Pengertian Seni
Pengertian seni banyak sekali dirumuskan oleh beberapa ahli. Berikut ini beberapa pengertian seni yang saya kutip dari beberapa pendapat ahli tentang pengertian seni sebagai berikut.
Plato
Seni adalah meniru alam, sehingga karya seni merupakan bentuk tiruan alam seperti tumbuhan, binatang, dan manusia.
Ensiklopedia Indonesia
Seni meliputi penciptaan dari segala hal yang karena keindahan bentuk atau wujudnya orang senang melihat atau mendengarnya.
Sudarso. SP
Seni adalah hasil karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya, disajikan secara indah dan menarik hingga merangsang pengalaman batin manusia yang menghayatinya.
Ki Hajar Dewantara
Seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.
Dari pendapat beberapa ahli di atas maka dapat disimpulkan, pengertian seni adalah gagasan manusia yang diekspresikan melalui pola kelakuan tertentu sehingga menghasilkan karya yang indah dan bermakna.

Cabang Seni
1. Seni Rupa
Seni rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media; titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip tertentu.
Berkarya Seni Rupa

2. Seni Musik
Seni musik adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media suara (manusia atau alat musik) yang ditata dengan prinsip tertentu.
Berkesenian seni musik

3. Seni Tari
Seni tari adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media gerak tubuh manusia yang ditata dengan prinsip tertentu.
Berkesenian seni tari

4. Seni Teater
Seni teater adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media; gerak, suara, dan rupa yang ditata dengan prinsip tertentu.

5. Seni Sastra
Seni sastra adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media bahasa, tulisan, dan kalimat yang mengandung nilai estetis untuk mendapatkan kepuasan rohani.

0 Response to "Pengertian Seni dan Cabang Seni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel