-->

Pengertian Seni Rupa dan Ragam Seni Rupa

Seni rupa (Visual Art) adalah salah satu cabang seni yang mengungkapkan pengalaman keindahannya melalui unsur-unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, gelap terang) dengan perantara alat, bahan, dan teknik, kemudian diwujudkan dalam bentuk dua atau tiga dimensi yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan.

Menurut fungsi atau kegunaan penciptaan karya seni rupa dibagi menjadi dua, diantaranya sebagai berikut.

1. Seni Rupa Murni (Fine Art)
Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang penciptaanya bertujuan untuk sarana ekspresi pribadi dan memenuhi kepuasan batin penciptanya. Seni rupa murni khusus diciptakan untuk dinikmati segi estetik dan artistiknya. Kebebasan dalam berekspresi menjadi hal penting dalam proses penciptaan karya seni rupa murni.
Yang termasuk dalam karya seni rupa murni antara lain: seni lukis, seni patung, seni instalasi.
Seni patung

2. Seni Rupa Terapan (Applied Art)
Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang tujuan penciptaannya untuk kepentingan yang bersifat praktis, tepat guna atau lebih mengutamakan fungsi/kegunaan tanpa melepaskan aspek estetisnya.
Yang termasuk dalam karya seni rupa terapan antara lain: seni grafis, seni kriya/ kerajinan, seni reklame, seni dekorasi, seni arsitektur/ rancang bangun.
Berkarya seni kriya tekstil (batik jumputan)
Berkarya seni kriya tekstil (batik jumputan)
Menurut bentuk atau wujudnya penciptaan karya seni rupa dibagi menjadi dua , diantaranya sebagai berikut.

1. Seni Rupa Dua Dimensi (Dwi matra)
Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Karya seni rupa ini hanya dapat dinikmati dari satu arah saja (depan saja). Yang termasuk dalam karya seni rupa dua dimensi adalah; lukisan, seni grafis, seni reklame.
Seni Lukis

2. Seni Rupa Tiga Dimensi (Tri matra)
Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau bersifat volumetrik, memiliki unsur kesan ruang, bentuk dan volume. Yang termasuk dalam karya seni rupa tiga dimensi adalah; patung, seni arsitektur, seni kriya kayu, batu, dan logam, seni instalasi.

0 Response to "Pengertian Seni Rupa dan Ragam Seni Rupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel