-->

Cara Mempersiapkan Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah

Suatu teori tidak akan diresapi dengan baik jika tidak diterapkan. Oleh karena itu, terapkanlah berbagai teori pertunjukan teater di depan untuk mementaskan teater. Langkah-langkah berikut dapat kamu tempuh untuk mempersiapkan pertunjukan teater di sekolah.

1.   Bentuklah panitia untuk acara pertunjukan. Panitia pertunjukan bisa ditangani oleh tim produksi.
2.   Siapkanlah properti pemain sekaligus tata rias dan tata busana serta perlengkapan khusus sesuai kebutuhan tokoh. Properti hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan komposisi pentas, penataan panggung, penataan cahaya, dan suara.
3.   Siapkan panggung, properti panggung, dan tata cara teknik pemanggungan seperti penataan artistik panggung, penataan cahaya, penataan suara, dan sebagainya.
4.   Pilihlah ruangan di sekolah yang leluasa seperti halaman maupun aula. Pertunjukan di luar ruangan biasanya lebih rumit dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Oleh karena itu, pentas di sekolah sebaiknya dilakukan di dalam ruangan, misalnya aula. Selain untuk pertunjukan, aula dapat juga dipergunakan sebagai tempat latihan.
5.   Tatalah panggung menggunakan background (latar belakang) untuk arena permainan yang disesuaikan dengan kebutuhan pertunjukan. Penataan panggung dan pengaturan cahaya yang tepat akan menciptakan pertunjukan yang menarik dan indah.
6.   Tatalah cahaya secara tepat. Cahaya yang lazim digunakan berasal dari lampu listrik dan dioperasikan menggunakan dimer. Cahaya dapat digunakan untuk menentukan waktu, musim, cuaca, serta suasana tertentu. Cahaya juga membantu melukis efek sinar dan bayangan sehingga menambah nilai dan warna pertunjukan. Mintalah seorang ahli untuk mengurusi penataan cahaya jika tidak ada siswa maupun guru yang mampu mengoperasikan peralatannya. Berbagai jenis lampu yang biasa digunakan dalam pertunjukan kelompok teater profesional.
7.   Aturlah suara dan musik secara tepat sesuai ruangan. Efek suara dan musik pengiring akan menciptakan suasana tertentu dalam sebuah pertunjukan. Beberapa efek bunyi dan pembuatannya, misalnya: bunyi halilintar bisa diperoleh dengan menjatuhkan seng dan memukulnya di dekat mikrofon, bunyi air laut diperoleh dengan meletakkan air dalam ember dan diletakkan dekat mikrofon, lalu digoyangkan dan disertai tiupan ke arah mikrofon. Sedangkan bunyi tembakan diperoleh dengan cara memecahkan balon karet atau benda keras lainnya yang dipukul di dekat mikrofon. Kamu pun dapat menciptakan efek suara yang lain untuk pertunjukan yang kamu lakukan bersama teman-teman.
8.   Setelah persiapan panggung dan artistik selesai, lakukanlah gladi bersih yang dilakukan menjelang pertunjukan. Gladi bersih sebaiknya dilakukan secara utuh dan tidak terputus. Jika ada pemain yang melakukan kesalahan, teruskanlah gladi bersih tersebut hingga selesai. Setelah itu, lakukan evaluasi membahas gladi bersih. Pada saat gladi bersih sebaiknya pemain telah memakai kostum dan tata rias lengkap sesuai pertunjukan. Hal ini supaya pemain terbiasa dengan panggung dan pertunjukan secara keseluruhan.

Menggelar Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah

Kegiatan terakhir yang kamu lakukan setelah mempelajari teori pertunjukan teater adalah mementaskan karya teater yang telah kamu latih bersama teman-teman sekelas. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat pertunjukan.

1.   Sambutlah penonton yang datang menonton pertunjukan dengan sebaik-baiknya. Persilakan mereka menunggu di dalam atau luar ruangan sesuai kesepakatan bersama. Selanjutnya dengan santun dan sopan, persilakan mereka memasuki ruangan.
2.   Bacakan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi penonton, misalnya penonton dilarang mengaktifkan ponsel, penonton dilarang membuat  keributan selama pentas berlangsung, dan sebagainya.
3.   Laksanakan pentas sesuai waktu yang telah ditetapkan. Kerjakan tugas yang menjadi tanggung jawabmu dengan sebaik-baiknya.
4.   Setelah pertunjukan berikan ucapan terima kasih dan penghormatan kepada penonton karena bersedia menonton pertunjukanmu bersama teman-teman.
5.   Adakan diskusi dengan penonton dan mintalah mereka memberikan masukan atas pertunjukan yang telah kamu lakukan bersama temanteman.

Pemain teater dituntut untuk dapat memainkan peran sebagai orang lain dengan baik. Untuk itu diperlukan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara secara serius dan berkesinambungan. Merancang pertunjukan teater Nusantara dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

a.   Menentukan tema pertunjukan.
b.   Menetapkan judul cerita atau lakon yang akan dipentaskan.
c.   Menentukan personil-personil yang terlibat.
d.   Mempersiapkan dan menentukan tempat pertunjukan.
e.   Menetapkan dan mempersiapkan properti.
f.    Menyusun rancangan kegiatan dan berusaha merealisasikannya. merupakan saat yang paling ditunggu setelah melakukan proses teater.

Prinsip kerja sama dalam teater haruslah terjalin dengan baik antara tim produksi dan tim pertunjukan untuk mendukung keberhasilan suatu pertunjukan teater. Persiapan dan pergelaran pertunjukan teater Nusantara memerlukan kerja sama, kerja keras, dan kekompakan antarpersonil yang terlibat.

0 Response to "Cara Mempersiapkan Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel