-->

Jenis Ragam Hias dan Contoh Ragam Hias

Ragam Hias
Ragam hias sering disebut juga dengan ornamen, merupakan salah satu bentuk karya seni rupa yang berfungsi sebagai hiasan untuk mengisi kekosongan suatu bidang. Ragam hias atau ornamen berasal dari bahasa Yunani "ornare", yang artinya menghias atau hiasan (mengisi kekosongan suatu bidang dengan hiasan). Ragam hias berkaitan dengan pola hias dan motif hias. Pola hias merupakan pedoman dasar dalam merancang suatu hiasan. Sedangkan, Motif hias adalah pokok pikiran dan bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias, yang meliputi segala bentuk ciptaan Tuhan seperti manusia, tumbuhan, binatang, bentuk benda alam serta hasil kreasi manusia. jadi, Ragam Hias adalah susunan pola hias menggunakan motif hias dengan kaidah-kaidah tertentu pada suatu bidang atau permukaan sehingga menghasilkan bentuk yang indah.

Jenis-Jenis Ragam Hias
1. Ragam Hias Geometris
Ragam hias geometri adalah susunan pola hias menggunakan motif hias dengan bentuk dasar geometris (rangkaian garis, bidang atau bangun yang dapat diukur dan didefinisikan seperti garis miring, zig zag, segitiga, persegi, lingkaran, dan lain-lain.) kemudian digayakan sesuai selera dan imajinasi pembuatnya.
Ragam Hias Geometri 1
Ragam Hias Geometris sebagai Isen
Ragam Hias Geometri 2
Ragam Hias Geometris sebagai Hias Pinggiran
benda hias motif Geometris
Benda Hias Motif Geometris
benda hias motif Geometris
Benda Hias Motif Geometris
2. Ragam Hias Figuratif
Ragam hias figuratif adalah susunan pola hias menggunakan motif hias dengan bentuk dasar figuartif berupa objek manusia yang digayakan sesuai selera dan imajinasi pembuatnya. Dikatakan ragam hias figuratif karena bentuk dasar motif mengacu pada bentuk figur manusia.
Ragam Hias Figuratif 1
Ragam Hias Figuratif Benda 3 Dimensi
Ragam Hias Figuratif 2
Ragam Hias Figuratif Benda 3 Dimensi
Ragam Hias Figuratif 3
Ragam Hias Figuratif Benda 2 Dimensi
Benda Hias Motif Figuratif
Benda Hias Motif Figuratif
3. Ragam Hias Flora
Ragam hias flora adalah susunan pola hias menggunakan motif hias dengan bentuk dasar flora (tumbuh-tumbuhan) tertentu yang digayakan dan dideformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Jenis flora/ Tumbuhan yang dijadikan sebagai dasar motif hias tidak terbatas pada bentuk atau bagian pada jenis tumbuhan tertentu. Bagian tumbuhan yang diambil sebagai dasar motif bisa berupa akar, batang, daun, buah, bunga ataupun bijinya. 
Ragam Hias Flora 1
Ragam Hias Flora
Ragam Hias Flora 2
Ragam Hias Flora
Ragam Hias Flora 3
Ragam Hias Flora
Benda Hias dengan Motif Flora
Benda Hias dengan Motif Flora

4. Ragam Hias Fauna
Ragam hias fauna adalah susunan pola hias menggunakan motif hias dengan bentuk dasar fauna (binatang) tertentu yang digayakan dan dideformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Penggunaan motif hias dengan bentuk dasar fauna sebagian besar berupa deformasi dan hanya mengambil bagian tertentu, jarang menampilkan bentuk asli secara utuh, tapi hasil deformasi tersebut tidak meninggalkan ciri fisik dari bentuk aslinya.
Ragam Hias Fauna 1
Ragam Hias Fauna
Ragam Hias Fauna 2
Ragam Hias Fauna
Ragam Hias Fauna 3
Ragam Hias Fauna pada Kain
Benda Hias Motif Fauna
Benda Hias Motif Fauna
5. Ragam Hias Polygonal
Ragam hias polygonal adalah susunan pola hias menggunakan motif hias dengan bentuk dasar polygonal (susunan garis lurus yang terjalin membentuk rangkaian yang menyatu dan memiliki sudut dalam bentuk datar). Poligonal  memiliki batas bentuk yang berwujud segi empat (tetragon), segi tiga (triangle),  segi enam (hexagon), segi lima (pentagon), dan lain-lain.
Ragam Hias Plygonal
Ragam Hias Plygonal

0 Response to "Jenis Ragam Hias dan Contoh Ragam Hias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel