-->

Macam-macam Jenis Instrumen Musik Daerah Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Halmahera

Musik daerah Riau terdiri atas dua bagian, yaitu orkes Melayu dan musik gambus.

a. Orkes Melayu

Musik orkes Melayu adalah orkes yang membawakan lagu-lagu Melayu asli. Instrumennya terdiri atas akordeon, gendang Melayu, dan gong kecil. Orkes inilah yang menjadi cikal bakal musik Melayu yang sekarang dikenal dengan sebutan musik dangdut.

b. Musik Gambus

Musik gambus erat hubungannya dengan agama Islam. Gambus adalah alat musik sejenis gitar dengan wadah gema cembung dan memakai tujuh dawai yang ditala secara rangkap seperti mandoline. Para pemain musik gambus pada umumnya juga sebagai vokalis. Lagu yang dibawakan umumnya bertema keagamaan dan persoalan cinta. Alat musik yang digunakan adalah gambus, rebana, dan biola.

Musik di daerah ini yang terkenal adalah talempong. Talempong, yaitu alat musik sejenis bonang dari logam perunggu atau besi berbentuk bundar dengan puncak di tengah. Alat musik daerah Minang terdiri atas :

a.   alat musik perkusi (gendang besar, ketipung, rebana, gendang sedang, talempong, dan gong);
b.   alat musik tiup (saluang, serunai, puput tanduk, dan suliang);
c.   alat musik Barat (trompet, gitar, dan biola).

Musik khas daerah Minahasa (Sulawesi Utara) adalah kolintang. Kolintang adalah sejenis gambang atau xilofon yang terbuat dari bilahan kayu. Satu perangkat kolintang terdiri atas tujuh kolintang yang dimainkan dengan dua pemukul. Tangga nada yang digunakannya adalah tangga nada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, si). Alat musik lainnya, antara lain rebana, gambus, dan suling.

Alat musik di seluruh Maluku hampir sama, yaitu :

a.   arababu (rebab) dengan resonator dari tempurung;
b.   idiokordo yang disebut tetabuhan;
c.   gong (didatangkan dari Jawa);
d.   korno (alat musik tiup) yang terbuat dari siput;
e.   bermacam-macam gendang yang disebut tifa.



Untuk daerah Halmahera, Bacan, Ternate, dan Tidore sebagai daerah Islam memiliki alat-alat musik islami, seperti rebana, gambus, bangsil (suling), dan sulepe. Sulepe merupakan alat musik yang sumber bunyinya dari tali, tetapi resonator-nya terbuat dari tempurung. 

0 Response to "Macam-macam Jenis Instrumen Musik Daerah Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Halmahera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel