-->

Rencana / Rancangan Pertunjukan Teater Kreatif

Teater kreatif adalah karya seni teater yang dikembangkan berdasarkan gagasan baru dan tidak mengikuti begitu saja teater yang sudah mentradisi.

Hal penting yang tidak boleh dilupakan sebelum membuat pertunjukan teater kreatif adalah membuat rancangan pertunjukan dan melaksanakannya sesuai jadwal yang telah  disepakati oleh semua yang terlibat. Rancangan pertunjukan teater kreatif meliputi hal berikut:

1. Menentukan Tema

Tema pertunjukan teater kreatif dapat kamu tentukan bersama teman-teman serta guru pembimbing seni teater yang bersangkutan, dan melalui kesepakatan bersama. Tema pertunjukan misalnya: Pertemuan Barat dengan Timur (pertunjukan teater yang memadukan teater tradisi dengan teater Barat). Pertunjukan teater menggunakan gerak dan riasan pantomim merupakan salah satu bentuk pertunjukan teater kreatif.

2. Tujuan Pertunjukan

Pertunjukan teater biasanya memiliki beberapa tujuan berikut ini:
a. Melatih berorganisasi dan bekerja sama dengan teman yang lain.
b. Melatih kemandirian.
c. Mengenalkan kepada masyarakat hasil prestasi yang telah kamu raih di bidang seni teater.
d. Menunjukkan kepada masyarakat hasil berlatih serta pembelajaran mengenai teater.
e. Memberi hiburan kepada masyarakat di sekitar sekolah.

3. Pembagian Peran Sesuai Tema

Selanjutnya menentukan peran sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan bersama. Misalnya ditentukan siapa yang akan menjadi sutradara, pemain, tim artistik, tim produksi (panitia) yang akan menangani pertunjukan, manajer panggung, dan sebagainya. Misalnya yang tertarik dengan seni musik didaulat untuk menjadi pengiring (pemusik) pertunjukan; yang tertarik pada seni rupa ditempatkan dalam tim artistik (penata rias, penata panggung, maupun penata busana); yang tertarik pada manajemen pertunjukan diberi kepercayaan untuk menangani produksi pertunjukan; dan sebagainya.

4. Merencanakan Pelaksanaan Kegiatan

Perencanaan pelaksanaan kegiatan meliputi hal-hal berikut:

a.   Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan di luar jam pelajaran atau setelah jam pelajaran. Kegiatan meliputi latihan dan pertunjukan teater.
b.   Personil Kegiatan
Seluruh kegiatan dilaksanakan oleh semua siswa dan dibimbing oleh guru yang bersangkutan.
c.   Penanggung Jawab
Kegiatan dipimpin oleh siswa yang berpengalaman atau yang mampu, berbakat, dan berminat untuk menjadi penanggung jawab dan dipandu oleh guru karya seni teater.
d.   Objek Kegiatan
Objek kegiatan adalah pertunjukan teater Nusantara hasil karya siswa dengan melibatkan seluruh unsur dan komponen teater Nusantara yang dipilih.
e.   Sumber Dana
Untuk mencukupi seluruh keperluan pergelaran, perlu diupayakan sumber dana kegiatan yang dapat diperoleh dari bantuan sekolah, bantuan suka rela dari siswa, donatur dari masyarakat, bantuan dari OSIS, dan sebagainya. Sumber dana juga dapat diperoleh dari pihak sponsor yang tertarik untuk membiayai pemenatasan.
f.    Bahan Pelengkap

Bantuan dari pihak luar sekolah, misalnya pergelaran disutradarai oleh sutradara dari luar sekolah.

0 Response to "Rencana / Rancangan Pertunjukan Teater Kreatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel