-->

Pesan Moral Teater Mancanegara

Demikian pula teater mancanegara dipentaskan tidak semata-mata untuk hiburan saja. Namun ada sesuatu yang ingin disampaikan oleh penyaji kepada penonton. Pertunjukan teater mempunyai pesan yang disampaikan kepada penonton. Tidak ada pertunjukan teater yang baik tanpa adanya pesan yang dapat diperoleh penonton setelah menonton pertunjukan tersebut. Pesan yang terdapat dalam teater merupakan perwujudan salah satu fungsi teater sebagai media komunikasi kepada masyarakat.

Seorang penonton akan mendapatkan kesan dan pemikiran yang berbeda-beda setelah menyaksikan pertunjukan teater. Hal ini dikarenakan mereka mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru yang dapat memengaruhi pemikiran, perasaan, dan kejiwaan mereka. Berbagai pesan moral yang dapat diperoleh dari suatu pertunjukan. Misalnya ketika kita menonton pertunjukan naskah Rumah Boneka karya Henrik Ibsen, akan diperoleh pesan tidak adanya keserasian dalam perkawinan akan mendorong perceraian.

Demikian pula ketika kita menonton Macbeth karya William Shakespeare, akan Pertunjukan naskah Cinderela memiliki pesan kebahagiaan akan datang setelah seseorang menderita terlebih dahulu. diperoleh pesan bahwa nafsu angkara murka dan haus kekuasaan akan membinasakan diri sendiri. Pesan bahwa ambisi angkara murka akan membinasakan diri sendiri juga dapat kita tangkap dari pertunjukan naskah Api karya Usmar Ismail. Pesan-pesan moral dalam suatu pertunjukan dapat diperoleh melalui hal berikut:

1. Apa yang diucapkan tokoh-tokohnya melalui dialog-dialog yang disampaikan.
2. Apa yang dilakukan tokoh-tokohnya di atas panggung.

Teater mancanegara di luar Asia berawal pada zaman Yunani Klasik dan berkembang hingga kemunculan teater modern yang ditandai dengan berkembangnya teater realis. Ciri-ciri teater modern barat antara lain berawal dari naskah, penciptaan bangun cerita standar, unsur-unsur teater digunakan secara maksimal dan pertunjukan terikat oleh teknik dan hukumdramaturgi, berkembangnya aliran realis dan naturalis, gedunggedung pertunjukan modern memiliki efek-efek khusus dan teknologi baru yang memungkinkan pencapaian artistik secara maksimal, dan muncul pula teater kontemporer atau teater mutakhir yang bersifat eksperimental.

Teater memiliki peranan yang cukup besar dalam masyarakat modern, baik bagi personil yang terlibat maupun bagi penonton teater. Teater modern sebagai seni kolektif memungkinkan berbagai jenis seni berpadu. Selain itu, juga memunculkan berbagai unsuryang mendukung pertunjukan. Teater modern memiliki pesan sebagai perwujudan salah satu fungsi teater sebagai media komunikasi kepada masyarakat dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan serta wawasan baru yang dapat memengaruhi pemikiran, perasaan, dan kejiwaan bagi penonton.

0 Response to "Pesan Moral Teater Mancanegara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel