-->

Peran & Fungsi Penting Tim Produksi Pertunjukan Teater

Mewujudkan pertunjukan teater bukanlah hal yang mudah. Teater sebagai seni yang bersifat kolektif melibatkan berbagai unsur yang harus bekerja sama dan saling mendukung. Pertunjukan teater memerlukan kerja keras dari seluruh personil yang terlibat. Oleh karena itu, ciptakan kekompakan dan kerja sama yang erat dengan seluruh tim pertunjukan. Proses teater merupakan sebuah proses organisasi sehingga memerlukan koordinasi setiap saat.

Agar pertunjukan dapat berhasil seperti yang diharapkan, perlu adanya pengorganisasian atas tugas dan tanggung jawab masing-masing personil. Sebagai bentuk kerja kolektif, teater menuntut semua personil dengan segala macam fungsi dan tugasnya tergabung dalam suatu koordinasi yang rapi untuk keberhasilannya. Keberhasilan pertunjukan teater dapat juga sebagai keberhasilan suatu seni berorganisasi; baik organisasi penyelenggaraannya (tim produksi) maupun segi keseniannya (tim artistik).

Setiap elemen memiliki tugas sendiri-sendiri dan sudah seharusnya untuk bertanggung jawab penuh atas tugas itu secara profesional. Sebagai contoh, bagian pendanaan harus memikirkan seberapa besar dana yang dibutuhkan, membuat rencana anggaran, memikirkan sumber pendanaan, dan akhirnya memenuhi kebutuhan dana. Begitu pula seorang sutradara bertanggung jawab atas pola permainan pertunjukan dan harus memiliki kesadaran untuk mewujudkan karya sebagus mungkin.

Tim produksi pertunjukan hendaknya melaksanakan hal-hal berikut:

1.   Membuat dan menyampaikan surat pemberitahuan kepada pihak yang berwenang, misalnya kepada Kepala Sekolah.
2.   Menentukan acara pertunjukan.
3.   Menentukan waktu kegiatan mulai dari penyelenggaraan rapat-rapat, tentang pertunjukan yang akan kamu pentaskan dari pelaksanaan, sampai dengan keseluruhan acara selesai.
4.   Menentukan pelaksanaan pertunjukan. Merancang langkah-langkah saat acara hingga kesuksesan acara secara keseluruhan.
5.   Melaporkan pertanggungjawaban kepada semua personil yang terlibat dalam seluruh pertunjukan. Kekompakan dan kerja sama sangat diperlukan dalam berakting secara berkelompok.

Pemain merupakan ujung tombak pertunjukan karena melalui dialog dan lakuannya, misi dan visi pertunjukan diungkap dan disampaikan. Pemain perlu memerhatikan alat ekspresinya, menelaah peran, melatih gerak tubuh, melatih otot mulut, melatih otot lidah, melatih pikiran melalui meditasi dan konsentrasi, serta melatih pernapasan dan vokalnya.

Hal penting sebelum mementaskan teater adalah membuat rancangan pertunjukan yang harus dipatuhi oleh seluruh personil yang terlibat.

0 Response to "Peran & Fungsi Penting Tim Produksi Pertunjukan Teater"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel