-->

Keunikan dan Pesan Moral Teater Nusantara

Teater Nusantara merupakan bagian dari masyarakat kita dan memiliki ciri khas, keindahan, keunikan, dan pesan moral yang tercermin dari pertunjukan-pertunjukan yang mereka lakukan.

Keunikan teater Nusantara terdapat pada unsur-unsur pendukung yang digunakan dalam pertunjukan. Keunikan memanfaatkan unsur-unsur  inilah yang menjadi ciri khas sebuah kelompok teater. Berikut ini keunikan beberapa kelompok teater berdasarkan pertunjukan yang mereka lakukan.

a.   Teater Mandiri saat mementaskan naskah Aduh karya Putu Wijaya banyak menggunakan bentuk-bentuk manusia bergerombol. Pemain menggunakan kostum meriah, berlapis-lapis, dan warna-warni, mengeluarkan suara keras, serta blocking-blocking yang bergulir di atas bidang pentas pertunjukannya.

b.   Teater Koma melalui garapan Nano Riantiarno berusaha memadukan unsur akting hampir rata antara tubuh, kata, musik, dan penataan panggung. Pertunjukan teater kelompok ini juga mengutamakan tata artistik galamor.

c.   Teater Kecil yang mementaskan karya Arifin C. Noer sebagian besar tokohnya berasal dari kalangan “bawah”, mitos, dan dunia pewayangan. Tokoh-tokohnya cacat, pincang, idiot, kudisan, bisu, gembel, pelacur, atau perampok. Warna-warna panggung hitam, gelap, coklat tua, dan pencahayaan muram.

0 Response to "Keunikan dan Pesan Moral Teater Nusantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel